Dalam mengelola usaha online shop ada beberapa hal yang
perlu kita ketahui dan lakukan agar usaha yang selama ini kita bangun tetap
mendapat perhatian dari calon konsumen serta terus berkembang, berikut saya
coba sebutkan dan jelaskan secara singkat hal-hal tersebut berdasarkan petuah
dari para senior yang pernah saya temui.
Pisahkan dari media komunikasi pribadi.
Maksudnya adalah jangan gunakan media komunikasi secara
bersamaan antara media komunikasi pribadi dengan usaha. Contoh : jika anda
menggunakan BBM, maka buatlah dua akun BBM, satu untuk akun pribadi anda dan
satu lagi untuk usaha anda, untuk melakukan ini bukan berarti anda harus
memiliki dua buah smartphone, sebab anda dapat mengoprasikan/menggunakan dua
aplikasi BBM di satu buah smartphone. Informasi lebih lengkapnya anda dapat
mencari di internet.
Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kenyamanan orang terdekat
anda dan kesan profesional dari calon pelanggan, lain halnya jika usaha online
shop anda masih baru dan pelanggan belum terlalu banyak, hal ini dapat
dimaklumi sebab masih dalam masa pengenalan.
Catat Semua Transaksi
Tidak semua orang senang menulis, begitu pula saya sendiri.
Saya bukanlah orang yang senang menulis, saya lebih senang mendengar dan
menghafalkan, tapi para senior yang selama ini mementori saya selalu mengatakan
dan mengingatkan saya agar mencatatat transaksi setiap harinya, hal ini
dimaksudkan agar kita dapat mengetahui arus kas, untung-rugi, barang favorit
pembeli, data base pembeli, testi, manajemen komplain apa bila suatu saat kita
mendapat komplain dan banyak lagi manfaat yang bisa kita peroleh dari mencatat
transaksi setiap hari.
Jangan Terpaku Pada Satu Vendor
Vondor/suplier bisa dibilang sebagai akar dari usaha yang
kita jalani, tapi jangan sampai terpaku pada satu vendor, cobalah untuk mencari
vendor yang lebih murah dan/atau yang harganya sama namun dengan kualitas
barang lebih bagus. Sudah jelas, hal ini dimaksudkan agar kita mendapatkan
keuntungan lebih besar dan/atau agar pembeli mendapatkan kepuasan lebih saat membeli
barang yang kita miliki sehingga kepercayaan mereka meningkat dan repeat order
melejit.
Jalin Kedekatan
Dengan Pembeli
Saya yakin, anda akan lebih percaya kepada orang terdekat
ketimbang orang yang baru saja anda kenal, begitu pula dengan Konsumen anda
maka dari itu mulailah untuk menjalin kedekatan dengan mereka, hal ini saya
dapatkan dari salah seorang senior marketing sebuah perusahaan retail, beliau
mengatakan “saya selalu berusaha menjalin kedekatan dengan konsumen sewaktu
masih menjadi tenaga marketing biasa, sebisa mungkin saya memberikan perhatian
seolah-olah mereka adalah saudara, sebagai contoh ketika salah seorang konsumen
melahirkan, saya sempaatkan untuk datang mengucapkan ucapan selamat dan
memberikan bingkisan kecil, sepele bukan ? tapi imbasnya adalah si ibu tadi
merekomendasikan saya ke seluruh kerabat dan orang-orang terdekatnya tanpa saya
minta dan sejak saat itu pemasaran saya terus meningkat sampai akhirnya saya
bisa duduk di jabatan ini.” Terinspirasi dari tindakan beliau, saya berfikir
bagaimana caranya untuk dapat menjalin kedekatan dengan para pembeli sekalipun
saya tidak mengenal detail dan mendengar kabar mereka setiap saat, akhirnya
saya menemukan beberapa kiat yaitu, 1. Untuk pengiriman dalam kota saya
berusaha untuk mengantarkannya sendiri 2. Ketika COD saya selalu datang lebih
awal beberapa saat dan memesankan minuman ringan untuk calon pembeli, dan 3.
Memberikan bonus yang memang tidak seberapa tapi tetap usefull/unik.