Indonesia merupakan negara peringkat ke 6 sebagai pengguna
internet terbesar di dunia dengan jumlah pengguna internet sebanyak 83.7 juta
di tahun 2014 dan diprediksi akan meningkat hingga 117 juta di tahun 2017,
pangsa pasar yang sangat bagus bagi pelaku bisnis online. Maka dari itu tidak
heran jika belakangan ini online shop semakin menjamur.
Setahun lalu sewaktu saya pertama kali ingin memulai online
shop saya sempat bertanya kepada seorang senior
“gimana si kak cara mulai online shop ?” kemudian saya diberi jawaban
yang menurut saya datar, “online shop itu mudah, selama kita memiliki kemauan,
hand phone dan koneksi internet. Seperti artian dari kata online shop (belanja
online) kita hanya melakukan pemasaran melalui dunia online, hampir semua sisi
online bisa kita manfaatkan untuk melakukan kegiatan teserbut, contohnya sosial
media.” Ok .. sudah cukup curhat dan basa basinya sekarang kita langsung masuk
ke pembahasan.
Sarana yang paling mudah kita manfaatkan untuk memulai
bisnis online shop adalah sosial media, nah dari sekian banyak sosial media
diinternet ada tiga sosial media yang menjadi favorit/sering digunakan oleh
pedagang online, berikut ulasannya.
Kita mulai dari Facebook.
Facebook adalah salah satu sosial media terbesar di dunia
dengan total pengguna terbanyak, walaupun sudah semakin banyak sosial media
yang bermunculan, facebook tetap dinilai sebagai oleh para ahli sebagai media
pemasaran online terbaik dan termurah.
Cara pemasaran menggunakan facebook beragam, antara lain :
a.
Langsung melakukan pemasaran di akun facebook
pribadi anda, cara ini terbilang cukup efektif, sebab orang-orang terdekat kita
akan dengan mudah melihat produk yang anda tawarkan,
b.
Buatlah fans page, hal ini akan membuat semakin
banyak orang yang mengetahui produk yang anda tawarkan dan menampilkan citra
lebih profesional, untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung, anda dapat menggunakan
fitur undang teman.
c.
Buat akun facebook khusus untuk berjualan, ini
merupakan solusi bagi yang merasa risih untuk melakukan pemasaran menggunakan
akun facebook pribadi, penamaan dapat menggunakan nama anda pribadi atau nama
online shop yang anda miliki.
d.
Memasang iklan bersponsor di facebook, cara ini
terbilang cukup rumit tapi sangat berdampak besar bagi penjualan.
BBM masengger
Sarana masengger yang satu ini merupakan peringkat pertama
dalam jajaran aplikasi masengger, hampir setiap pengguna smartphone memiliki
aplikasi ini, cara pemasaran menggunakan BBM ini sangat mudah dan sepertinya
sudah bukan rahasia lagi. Anda cukup mengganti display photo serta status
secara berkala menggunakan foto produk yang anda miliki serta buatlah group
agar calon pembeli anda dapat melihat produk yang anda miliki secara lengkap.
Perlu diingat, jangan terlalu sering mengirimkan broadcast karna tidak semua
orang senang mendapatkannya terutama dijam beraktifitas.
Instagram
Sarana berbagi foto yang sudah diakuisisi oleh facebook ini
juga merupakan salah satu media sosial favorit bagi para pedagang online,
caranya anda hanya perlu membuat akun dengan menggunakan nama online shop anda,
upload foto serta spesifikasinya, dan jangan lupa cantumkan kontak untuk
melakukan pengorderan.
Itulah tiga online shop yang paling favorit diantara
pedagang online, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi.