![kepercayaan cara membangun kepercayaan konsumen](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_sHxaziUACznCf99jsb4l8g4ch2pwyk8fXuivAE70oMfoZuxX1vEVLDJLKrxxn1aSxfrYPKFDgW18xpyOzWi7jL57CslkfnIjA1pMsFNEuCVXRmBV_aL1CtLbxKvwTb-vfSynpiGBZcPT_gNXXb9DXH2FM=s0-d) |
sumber : google |
Tak dipungkiri kalau pembeli sekarang makin pintar. Tren Berbelanja
online memudahkan para customer untuk hunting produk yang sama
dibeberapa toko atau seller. Tapi, kebiasaan tersebut tak semata-mata
untuk mendapatkan harga murah.
Mungkin anda sendiri pernah mengalami hal serupa ketika berbelanja
online. Di toko A harga barang Rp 1 juta sementara di toko B harga
barang Rp 300 ribu. Tidak semua pembeli akan memilih toko B untuk
mendapatkan barang yang diinginkan. Bisa jadi pilihan jatuh pada toko A
karena lebih percaya pada kualitas produk yang ditawarkan. Perbedaan
harga yang cukup jauh justru membuat pembeli curiga pada kualitas barang
yang dijual. Jadi intinya, menanamkan kepercayaan kepada pembeli
menjadi prioritas utama sebelum melakukan strategi harga atau yang
lainnya.
Kepercayaan pelanggan seolah menjadi modal berharga menjalankan
bisnis online. Tapi mungkin ini bukanlah hal mudah. Mengingat, di toko
online pembeli tidak dapat melihat produk secara langsung. Selain itu,
tak sedikit modus penipuan berkedok toko online. Karena itu, yakinkanlah
pelanggan dengan melakukan hal-hal berikut.
Situs Terpercaya
Tampilan profesional sangat mempengaruhi kepercayaan pelanggan. Hal
ini dapat dimulai dari penggunaan situs yang tepat untuk menawarkan
barang. Bila menggunakan website, pastikan tampilan web nyaman dilihat
dan gunakan nama domain web profesional. Bila perlu, hindari penggunaan
website gratisan.
Untuk lebih praktisnya, langsung saja upload foto barang dagangan di
situs jual beli profesional (Market Place, dalam hal ini saya sarankan
bukalapak.comwww.bukalapak.com/haloganshop). Di situs ini,
pelanggan tidak langsung membayar kepada seller. Melainkan, pembeli
harus melakukan transfer pembayaran ke Bukalapak terlebih dahulu. Jika
transfer telah berhasil, Bukalapak akan memberi tahu penjual bahwa
pembayaran sudah diterima oleh Bukalapak dan penjual bisa melakukan
pengiriman barang yang sudah dipesan pembeli melalui pesan sms. Ketika
barang tiba di pembeli, pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang
kepada Bukalapak, dan Bukalapak akan melakukan transfer uang pembelian
kepada penjual. Dengan program jaminan ini, bila pembeli tidak menerima
barang sampai batas waktu tertentu, dana pembeli akan dikembalikan 100%.
Jadi pedagang dan pembeli sama-sama diuntungkan. Tentu saja strategi
ini lebih disukai pelanggan.
Informasi Terpercaya
Informasi mengenai produk yang ditawarkan sangat penting bagi
pelanggan. Maka, sampaikan informasi tersebut melaui ulasan produk atau
tips. Perlakukan pelangan sebagai teman. Salah satunya dengan menjawab
atau memberi solusi kepada pelanggan dalam memilih produk-produk yang
kita jual di forum yang tersedia.
Jaminan
Pastikan barang yang dijual memiliki kualitas yang baik. Untuk membuktikannya, berikan garansi atau jaminan kepada pelanggan.
Testimonial Jujur
Hal lain yang tak kalah penting yaitu testimonial atau pengakuan dari
pembeli sebelumnya yang menyatakan kepuasan terhadap produk yang kita
jual. Namun, sampaikan pernyataan tersebut sejujur-jujurnya karena
bagaimanapun komunikasi dari mulut ke mulut masih dianggap sebagai cara
yang kuat untuk membangun kepercayaan. Ingat teori yang mengatakan,
pelanggan yang puas umumnya akan menceritakan kepada sekitar 2-4 orang,
sebaliknya pelanggan yang tidak puas akan menceritakan kepada 8-12
orang. Hindari pengakuan-pengakuan palsu karena informasi itu dapat
tersebar ke lebih banyak orang. Jadi, akan lebih banyak pula orang yang
tidak percaya pada produk yang dijual.